MANAJEMEN PEMASARAN ERA REV. INDUSTRI4 #
“ MENJELASKAN TEORI TERKAIT : KONSEP PEMASARAN GLOBAL, KEKUATAN
YANG MENDORONG DAN MENGHAMBAT, ORIENTASI MANAJEMEN, DAN BISNIS INTERNASIONAL. "
Dosen : Tia Chisca Anggraeni
Disusun oleh :
Nama : Haga Felicia
NPM : 13216157
Kelas : 4EA23
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019
Konsep Pemasaran Universal
1.
Konsep produksi
Anggapan
pemasar yang berorientasi kepada proses produksi bahwa konsumen hanya akan
membeli produk-produk yang murah. Dengan demikian focus kegiatan perusahaan
yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya agar dapat menjual barang dengan
murah kepada konsumen
2.
Konsep produk
Anggapan
pemasar bahwa konsumen lebih menghandaki produk-produk yang berkualitas atau
berpenampilan baik. Dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah
pengendalian kualitas.
3.
Konsep penjualan
Anggapan
pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan bahwa konsumen perlu
dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimu
sebagai tujuan perusahaan. Dengan demikian focus kegiatan perusahaan adalah
usaha-usaha meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang
instensif agar mampu mempengaruhi, membujuk konsumen untuk membeli sehingga
penjualan dapat meningkat.
4.
Konsep pemasaran
Anggapan
pemasar yang berorientasi kepada pelanggan eksternal bahwa konsumen hanya akan
membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
Dengan demikian focus kegiatan perusahaan adalah berusaha memenuhi kepuasan
pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen.
5.
Konsep pemasaran yang memasyarakat (social)
Anggapan
pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu memnuhi
kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen. Tujuan kegiatan
perusahaan adalah disamping berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat juga
memperbaiki relasi antara produsen dan syarakat untuk peningkatan
kesejahteraannya.
Untuk melakukan
pemasaran, pemasar perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional. Fungsi-fungsi
tersebut adalah : pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan, standardisasi
dan klasifikasi, pembungkusan, penanggung resiko, pendanaan, dan pengendalian
informasi pemasaran (misalnya periklanan).
Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan
fungsi pemasaran universal. Artinya, setiap pemasar akan membutuhkan semua atau
seluruh kegiatan-kegiatan tersebut, meskipun demikiam tidak harus setiap
kegiatan akan atau perlu ditindakkan sendiir. Individual atau organisasi lain
dapat melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara independen untuk kepentingan
perusahaan. Misalnya, fungsi pengiriman tidak dilakukan sendiri, tetapi
dilaksanakan oleh biro perjalanan, fungsi periklanan dikerjakan, oleh
sebagainya.
Pemasaran Domestik ke Pemasaran Global
1.
Pemasaran Domestik
Pemasaran
yang secara nyata ditunjukkan pada pasar dalam negeri disebut pemasaran
domestik. Orientasi mereka adalah bersifat “ETHNO CENTRIC”, yaitu bahwa sifat
pasar atau Konsumen dimanapun akan sama , sehingga manajemen memandang pasar
Domestik padat dengan peluang yang jauh lebih aman.
2.
Pemasaran Ekspor
Adalah
tahap pertama untuk menanggapi kesempatan pasar di luar negeri. Pemasar ekspor
menjadikan pasar di luar negeri sebagai sasaran dan menggantungkan diri pada
produksi dalan negeri untuk memasok pasar ini. Fokus dalam tahap ini
adalahmenafaatkan produk dan pengalaman dalam negeri.
3.
Pemasaran Internasional
Bertindak
lebih jauh lagi dari pemasara ekspor dan menjadi lebih terlibat dalam
lingkungan pemasaran dalam negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.
4.
Pemasaran Multinasional
Organisai
pemasaran internasional mulai dengan menfokuskan pada memanfaatkan pengalaman
dan produk perusahaan.
5.
Pemasaran Global / Transnasional
Menfokuskan
pada pemanfaatan asset, pengalaman dan produk perusahaan secara global dan pada
melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalan setiap
negara. Konsep ini mengakui budaya universal dan perbedaan pasar yang unik.
Kekuatan Yang Mendorong dan Yang Menghambat
a. Kekuatan Yang Mendorong
1.
Kebutuhan Pasar
Kebanyakan
pasar global tidak terjadi secara alami. Pasar seperti itu harus
diciptakan dengan usaha pemasaran.
2.
Teknologi
Ada
kekuatan yang amat besar yang mendorong dunia ke arah menyatunya hal-hal yang
sudah umum, dan kekuatan itu adalah teknologi. Teknologi menyederhanakan
komunikasi, transportasi dan perjalanan.
3.
Biaya
Keseragaman
dapat menurunkan biaya riset, rekayasa dan desain di semua fungsi bisnis, dari
rekayasa dan pembuatan sampai pemasaran dan administrasi.
4.
Mutu
Volume
global menghasilkan penerimaan yang lebih besar dan margin operasi yang lebih
besar untuk mendukung mutu desain dan pembuatan. Sebuah perusahaan global dan
lokal mungkin masing-masing mengeluarkan 5 persen untuk riset dan pengembangan,
tetapi perusahaan global mungkin mempunyai pendapatan 10 kali lebih besar dari
perusahaan lokal.
5.
Komunikasi dan Transportasi
Revolusi
informasi memberikan kontribusi pada berkembangnya pemasaran global. Setiap
orang menginginkan perwujudan produk yang terbaik, paling mutakhir dan paling
modern.
6.
Daya Tuas
Salah
satu kelebihan perusahaan global adalah kesempatan untuk mengembangkan daya
tuas yang dimilikinya karena perusahaan itu beroperasi secara stimultan di
lebih dari satu pasar nasional.
b. Kekuatan Yang Menghambat
1.
Perbedaan Pasar
Dalam
setiap kategori produk, perbedaan masih cukup banyak di antara batas negara dan
budaya yang memerlukan adaptasi paling sedikit dari bauran pemasaran.
Perusahaan yang mengabaikan perbedaan ini dan yang telah mencoba strategi merek
dagang global tanpa memikirkan perbedaan ini akan menghadapi kegagalan.
2.
Sejarah
Bahkan
sekalipun produknya sendiri merupakan calon yang baik untuk globalisasi,
sejarah merek dagang mungkin masih memerlukan strategi pemasaran yang khusus
dan berbeda, serta di setiap negara perlu penentuan posisi sendiri.
3.
Kecadokan Manajemen
Sebuah
contoh dari kecadokan manajemen adalah perusahaan yang tidak mempertahankan
kepemimpinan dalam menciptakan nilai pelanggan ketika memperluas wilayah
geografi. Sebuah perusahaan yang melihat ke belakang tidak memperluas
wilayahnya secara geografis.
4.
Budaya Organisasi
Dalam
perusahaan dengan manajemen anak perusahaan mengetahui semuanya, tidak ada lagi
ruang untuk visi dari puncak. Perusahaan global yang sukses adalah pemasar yang
telah belajar cara memadukan visi global dan perspektif dengan inisiatif dan
masukan pasar lokal.
5.
Kendali Nasional/Hambatan untuk Masuk Suatu
Negara
Setiap
negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali
terhadap akses pasar dan jalan masuknya. Kendali ini bervariasi dari yang
berteknologi rendah berupa pengendalian monopoli tembakau dari akses ke pasar
tembakau sampai yang berteknologi tinggi berupa pengendalian pemerintah
nasional terhadap pasar pemancar
Kekuatan Yang Mendasari Bisnis Internasional
1.
Orientasi Manajemen
Orientasi
adalah asusmsi atau keyakinan, yang seringkali tidak disadari, mengenai sifat
dunia ini. Ada 3 orientasi dasar yang menjadi pedoman pekerjaan eksekutif
internasional; etnosentris, polisentris, dan geosentris. Konsep ini kemudian
dikembangkan dengan memasukan orientasi regional dan menjadi skema EPRG
(etnosentrisme, Polisentrisme, regiontrisme, geosentrisme).
2.
Kerangka Kerja Moneter Internasional
Pertumbuhan
yang cepat dari perdagangan dan investasi dalam era pasca perang dunia II telah
menciptakan kebutuhan likuiditas internasional yang semakin mendesak untuk
mempermudah pertukaran barang dan jasa antar negara. Dengan adanya kerangka
kerja moneter internasional yang memadai memungkinkan perusahaan untuk
membiayai perdagangan dan investasi global, dan untuk meneruskan usaha
pemasaran global mereka.
3.
Sistem Perdagangan Dunia
Sistem
perdagangan dunia pasca perang dunia II disusun dengan keinginan umum
menghindari kembalinya praktik perdangangan terbatas dan diskriminatoris
seperti yang terjadi pada tahun 1920-an. Ada komitmen untuk menciptakan dunia
bebas yang memungkinkan arus barang dan jasa secara bebas antar negara. Sistem
yang muncul dari komitmen ini termasuk General Agreement on Tarrifs and Trade
(GATT), yang menyediakan kerangka kerja institusional dan satu rangkaian yang
terdri dari empat peraturan dan prinsip dalam usaha yang membebaskan
perdagangan.
4.
Perdamaian Global
Sejak
tahun 1945 dunia masih terbebas dari konflik besar dunia seperti yang menandai
paruh pertama abad ini. Walaupun kondisi ini tidak sepenuhnya damai, tetapi
keadaan ini menyediakan dasar yang relatif stabil untuk perekonomian yang sehat
dan cepat.
5.
Pertumbuhan Ekonomi Domestik
Jadi
ada dua alasan mengapa pertumbuhan ekonomi menjadi kekuatan yang mendasari perluasan
ekonomi internasional. Pertama, pertumbuhan telah menciptakan kesempatan pasar.
Adanya kesempatan pasar menjadi faktor pendorong perusahaan untuk memperluas
jangkauannya ke pasar internasional. Kedua, pertumbuhan ekonomi telah
mengurangi penolakan, yang mungkin telah berkembang, sebagai respons terhadap
masuknya perusahaan asing ke dalam ekonomi domestik.
6.
Teknologi Komunikasi dan Transportasi
Hambatan
waktu dan biaya akibat jarak telah jauh berkurang dalam 100 tahun terakhir.
Meningkatnya kecepatan dan kapasitas komunikasi berbiaya rendah merupakan
kekuatan utama untuk mempermudah perluasan bisnis internasional.
7.
Korporasi Global
Korporasi
global, atau perusahaan apapun yang mempunyai tujuan bisnis global dengan
menghubungkan sumber daya dunia dengan kesempatan pasar dunia, adalah
organisasi yang telah bereaksi terhadap kekuatan yang mendorong, menghambat,
dan melandasi di dunia.
Beberapa Konsep Kunci
1.
Strategi
Sebagai
respon yang dipertimbangkan dari sebuah organisasi pada kenyataan dari
organisasi pihak yang berkepentingan dan kenyataan dari lingkungan bisnis.
Terdapat tiga dimensi strategi yaitu:
a. Lingkungan
eksternal perusahaan
b. Organisasi
(lingkungan internal perusahaan)
c. Nilai
pihak yang berkepentingan
2. Perusahaan
di dunia
Beberapa aspek
pemasaran global memiliki perbedaan dari pemasaran domestic, salah satunya
adalah konteks atau lingkungan pemasaran global. Perusahaan ada dalam dunia
yang berisi lebih dari 180 negara
3.
Pengelompokan, segmentasi dan target
pemasaran
a. Ukuran
pasar
b. Geografis
adalah kriteria pengelompokan dengan makna yang besar, negara yang saling berdekatan mempunyai perbedaan dan
persamaan.
c. Bahasa
dan budaya adalah karakteristik lain yang membedakan pasar.
4.
Kepekaan lingkungan
Contohnya
produk-produk mewah tidak dapat dijual pada konsumen yang berpendapatan rendah.
Hypermarket yang menjual makanan, perabotan atau barang-barang tahan lama
membutuhkan sejumlah besar konsumen dengan kemampuan pembelian yang besar pula
terhadap barang-barang tersebut.
5.
Pengaruh yang mempersatukan dan membedakan
Aspek
unik mempunyai pengaruh yang membedakan; aspek serupa memberikan pengaruh yang
menyatukan. Apabila analisis sebuah pasar hanya memfokuskan pada aspek yang
unik atau yang serupa, hasilnya adalah analisis sepihak, akhirnya program
pemasaran yang dikembangkan akan terlalu standar atau terlalu berbeda.
6.
Daur hidup produk
Suatu
produk mempunyai karakteristik atau kehidupan normal dengan urutan awal atau
kelahiran dan pertumbuhan cepat (tahap pertumbuhan) diikuti dengan pertumbuhan
yang kecepatannya menurun, tidak ada pertumbuhan, penurunan dan akhirnya mati.
Tahap-Tahap Pengembangan Korporasi Transnasional Mengenai
Tipologi Dinamis
a.
Tahap 1: Domestik
·
Domestik dalam fokus, visi, dan operasi
·
Orientasi etnosentris. Fokus pada pasar,
pemasok dan pesaing domestic
·
Pengamatan lingkungan bersifat domestic
·
Hal yang dilakukan jika sudah mencapai batas
pertumbuhan pasar akan melakukan variasi memasuki pasar, produk, teknologi baru
bukan penetrasi pasar internasional.
Contoh adalah perusahaan air minum dalam
kemasan dari Indonesia yaitu PT. Tirta Bahagia.
b.
Tahap 2: Internasional
·
Memperluas pemasaran, pabrik, dan kegiatan
lain di luar negeri
·
Mencari peluang di pasar internasional namun
tetap etnosentris (home country oriented)
·
Meyakini bahwa cara-cara melakukan bisnis,
orang, kebiasaan, nilai-nilai, dan produk negeri sendiri lebih unggul
dibandingkan dengan yang ada dimanapun di dunia
·
Strategy
of ‘extension’ à fokus pada perluasan bauran pemasaran.
Contoh adalah PT. Sidomuncul yang berasal
dari Indonesia yang produknya Tolak Angin dan sudah berbagai negara.
c.
Tahap 3: Multinasional
·
Tidak ada kata gagal, yg ada hanya “learning”
·
Menggunakan strategi multidomestik
·
Orientasi polisentris
·
Menyesuaikan bauran pemasaran domestik agar
cocok dengan pilihan dan kebiasaan pasar internasional
Contoh
adalah Asustek Computer Incorporated yang berasal dari China Taipei yang
memproduksi laptop, telepon genggam dan lain-lain
d.
Tahap 4: Global
·
Strategi dengan menggunakan pemasaran global
atau mencari pemasok global
·
Fokus secara global dan supply berasal dari
pasar lokal
·
Mensuplai pasar lokal dari sumber global
·
Memenangkan strategi bila perusahaan dapat
menciptakan keunggulan bersaing dgn membatasi globalisasi dari rantai nilai à
harus memahami keterbatasan dari keunggulan bersaing (not too ambitious!)
Contoh
adalah PT. Unilever yang berasal dari Belanda yang memproduksi makanan,
minuman,pembersih dan lain-lain.
e.
Tahap 5: Perusahaan Transnasional
·
Penjualan, investasi dan operasi berada di
banyak Negara
·
Perusahaan dunia terpadu yang menghubungkan
sumber daya global dengan pasar global untuk menghasilkan laba
·
Geosentris - mengakui adanya persamaan dan
perbedaan dan mengadopsi pandangan dunia à Think globally act locally
·
Mengadopsi strategi global à menambah nilai
·
Pengetahuan dalam transnasional diciptakan
oleh seluruh fungsi di semua lokasi dan dikembangkan bersama serta disebarkan
ke seluruh dunia.
Contoh
adalah PT. Coca Cola Company yang berasal dari Amerika yang memproduksi minuman
bersoda.
Referensi :
SEGA Genesis Classics on Nintendo Switch
BalasHapusSEGA's collection of Mega Drive & Genesis deccasino classics comes 제왕카지노 to a new generation! Including over 50 titles across all genres, from all-time classics like Sonic and Genre: Arcade, Action, Platformer, 샌즈카지노 Role-PlayingPlayers: up to 2 playersRelease date: December 07, 2018
We are an Instant javascript assignment help Service, that offers genuinely necessary web-based task composing help to understudies across the globe. With our best task assist administration, an understudy with securing top grades without burning through much energy. We have a group of subject-arranged scholarly essayists. Every one of the journalists are similarly skilled to convey your work to your inbox inside the accommodation cut off time.
BalasHapus